Bank Indonesia Kalsel Gandeng BAZNAS Kalsel Salurkan Bantuan Banjir HST dan HSS

KALSEL.BAZNAS.GO.ID, BARABAI – Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan gandeng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Selatan untuk melakukan Program Sosial dengan menyalurkan bantuan logistik kepada para korban banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Kamis (02/12/2021).

Penyaluran program sosial ini untuk memberikan semangat dan dukungan moril kepada para korban yang mengalami bencana banjir di Kabupaten HST. Dilansir dari laporan Tim BAZNAS Tanggap Bencana yang berada di lokasi, banjir disebabkan oleh Sungai Hantakan yang meluap setelah sepekan terakhir intensitas hujan tinggi di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah. 

Dari laporan Tim BAZNAS, selama tiga hari lebih Tim BAZNAS Kalsel bekerjasama dengan BI Kalsel dan BAZNAS Hulu Sungai Tengah mendistribusikan sebanyak 2.500 porsi makanan siap santap kepada para korban banjir yang ada di Desa Masiraan, Kecamatan Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

“Hari ini kami (BAZNAS Kalsel) bersama BI Kalsel sudah mendistribusikan sekitar 2.500 porsi masakan siap santap kepada para korban yang ada di Desa Masiraan. Alhamdulillah, debit air mulai menurun dan warga mulai bisa beraktifitas kembali, banyak warga yang mulai membersihkan rumahnya dari sisa-sisa air genangan banjir,” ujar Saddam Nurhidayat, Wakil Pelaksana BAZNAS Kalsel.

Tidak hanya itu, Tim Bank Indonesia Kalimantan Selatan bersama Tim BAZNAS Kalsel juga melakukan kegiatan perpustakaan keliling kepada anak-anak yang berada di desa tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kegiatan pembelajaran kepada anak-anak yang saat ini sekolahnya masih terendam.

“Kegiatan perpustakaan keliling ini kami adakan untuk menumbuhkan minat baca kepada anak-anak yang ada di Desa Masiraan. Sekaligus, memberikan pembelajaran kepada anak-anak tersebut karena sekolah mereka masih terendam banjir sehingga menghambat proses kegiatan belajar-mengajar mereka”, ujar Alif Fadhiyah, salah satu Tim Bank Indonesia Kalsel.

Semoga program sosial yang dilaksanakan oleh Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan dan BAZNAS Kalimantan Selatan ini dapat memberikan semangat dan dukungan moril kepada para masyarakat yang terdampak bencana banjir.

“Semoga lebih banyak para donatur yang tergerak hatinya untuk membantu saudaranya yang terdampak bencana dan semoga dengan adanya perpustakaan keliling ini, juga bisa menumbuhkan minat baca kepada anak-anak yang akan melanjutkan pembangunan desa ini,” lanjut Saddam.

Leave a Reply