Bantu Korban Kebakaran di Tiga Titik, BAZNAS Kalsel Bagikan Paket Keluarga

KALSEL.BAZNAS.GO.ID, BANJARMASIN –  Beberapa hari yang lalu warga Banjarmasin mendapatkan musibah kebakaran secara beruntun, total ada tiga kejadian kebakaran yang terjadi di Banjarmasin. BAZNAS Kalsel melalui Tim BAZNAS Tanggap Bencana segera meluncur ke tempat kejadian dan memberikan paket sembako untuk korban yang terdampak. Senin (4/10).

Kejadian pertama terjadi pada saat warga Banjarmasin sedang melaksanakan Sholat Jum’at dan terjadi kembali pada hari sabtu dan minggu. Kebakaran terjadi di 3 titik yaitu di Gg. Nusa Indah, Kampung Melayu, Jl. Benua Anyar dan Komplek Semanda Banjarmasin. Dari penjelasan warga yang berada di tiga titik tersebut, kebakaran terjadi karena adanya konsleting listrik disalah satu rumah, hingga saat ini pihak berwajib sedang melakukan olah TKP untuk memeriksa penyebab pasti dari kebakaran tersebut.

BAZNAS Kalsel segera turun ke lokasi kebakaran untuk memberikan bantuan kepada warga yang terdampak, sebanyak 17 kepala keluarga menjadi korban dalam musibah ini dan 17 buah rumah hangus terbakar, pada kejadian ini 1 orang menjadi korban, yaitu relawan pemadam kebakaran yang merupakan warga Komplek semanda, relawan tersebut mengalami luka yang cukup parah di bagian lengan dan diharuskan melakukan operasi.

Ahmed salah satu korban mengatakan pada saat kejadian saya dan warga yang lain sedang melaksanakan sholat jum’at, api tiba-tiba langsung membesar pada saat sholat jum’at mau selesai.

“Iya saya dan warga sekitar sedang sholat jumat tiba-tiba saja api langsung berkobar membakar rumah saya dan warga lainnya, alhamdulillah tidak ada korban jiwa pada musibah ini dan api pun bisa dipadamkan dengan cepat sehingga tidak menyebar kerumah yang lain,” ungkapnya.

Pada lokasi kebakaran yang berbeda di Jl. Benua Anyar si jago merah hanya membakar 1 buah rumah, dari cerita pemilik rumah bapak Ansharullah Faruqi menceritakan, api berasal dari dapur rumah kami. 

“Pada saat itu istri saya sedang memasak air untuk membuatkan ibu saya yang sedang sakit air hangat untuk minum. Istri saya lupa mematikan kompor pada saat ingin keluar, alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam musibah ini dan api pun dipadamkan dengan cepat,” ujarnya.

Beda cerita dengan titik lokasi kebakaran di Komplek Semanda, api menghanguskan 10 buah rumah dan 10 kepala keluarga menjadi korban pada musibah ini, di lokasi ini lah salah satu relawan kebakaran menjadi korban pada saat melakukan pemadaman. Relawan tersebut mengalami luka yang cukup serius ditangan kanannya dan harus melakukan operasi. Api berasal dari salah satu rumah yang kosong, penyebab pasti kebakaran masih dalam proses penyidikan oleh pihak berwajib.

Agustini salah satu saksi mengatakan, kebakaran terjadi pada salah satu rumah yang dibelakang. Pada saat itu pemilik rumah sedang keluar dan tiba-tiba api langsung membesar. Pemilik rumah yang menjadi korban kebakaran selamat, tetapi dari relawan kebakaran yang merupakan warga setempat juga menjadi korban dan harus menjalani operasi.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS Kalsel sudah membantu warga kami yang terkena musibah ini,” ungkapnya.

Raziki tim BAZNAS Tanggap Bencana Kalsel mengatakan beberapa hari terakhir ini Banjarmasin dilanda musibah kebakaran, tidak tanggung-tanggung dalam 3 hari terjadi kebakaran. BAZNAS Kalsel tidak tinggal diam dan langsung turun ke lokasi kebakaran untuk membantu dan membersamai para korban kebakaran.

“Semoga para korban diberikan kesabaran dalam menghadapi ujian ini dan selalu mematikan peralatan listrik maupun alat masak sebelum meninggalkan rumah,” pungkas Raziki.

Leave a Reply