BAZNAS KALSEL BANTU WARGA TERDAMPAK BANJIR DI SUNGAI SIPAI

Intesitas hujan di Kalimantan Selatan sampai hari ini masih terbilang cukup besar, banyak dari sungai-sungai besar maupun kecil meluap karena tidak bisa lagi menampung debit air hujan yang besar. Akibat tingginya hujan di Kalimantan Selatan membuat beberapa wilayah di Kalimantan Selatan mengalami kebanjiran, salah satu wilayah yang terdampak adalah Desa Sungai Sipai, Kabupaten Banjar. Informasi ini diberikan oleh salah satu relawan yang menghubungi BAZNAS Kalsel untuk dapat membantu warga Desa Sungai Sipai.

Senin, (27/12/2021), BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) Kalsel merespon cepat informasi tersebut dan turun langsung ke lokasi banjir untuk membantu dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak. Sebanyak 180 rumah terendam dalam musibah banjir dan ketinggian air sudah mencapai pinggang orang dewasa. Bantuan yang diberikan berupa paket logistik untuk membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Tidak hanya rumah banjir juga merendam beberapa ruas jalan sehingga menghambat aktifitas mereka, penyaluran bantuan ini dilakukan di RT 14 Desa Sungai Sipai, RT 14 merupakan salah satu wilayah yang terdampak cukup besar.

Abdul Hadi selaku aparat Desa setempat menjelaskan air sudah menggenangi wilayah kami hampir 3 bulan lamanya, untuk beraktifitas seperti biasa juga susah karena banjir sudah mencapai pinggang orang dewasa.

“Banjir sudah mencapai pinggang orang dewasa, akibat banjir yang cukup dalam ini membuat kami kesusahan dalam beraktifias bahkan kami juga kesusahan dalam membeli bahan pokok kami makan. Alhamdulillah BAZNAS Kalsel datang kemari untuk membantu kami, terimkasih kami ucapkan atas bantuannya, ini sangat membantu kami dalam memenuhi kebutuhan makan kami.” pungkasnya.”

Noor Huda Fikri selaku Komandan BTB Kalsel mengungkapkan bahwa memang intesitas hujan di Kalimantan Selatan sangat tinggi sehingga membuat beberapa Daerah di Kalimantan Selatan terandam banjir.

“Hujan yang melanda Kalimantan Selatan sangat tinggi banyak Daerah-daerah di Kalimantan Selatan terendam banjir dan merendam ratusan rumah di setiap Daerahnya, ketinggian air bahkan hingga sepinggang orang dewasa. Efek dari musibah ini juga besar banyak masyarakat yang profesinya sebagai petani gagal panen dan sangat menghambat aktifitas mereka. Semoga dengan adanya bantuan ini bisa meringankan beban mereka dan semoga warga yang terdampak selalu diberikan kesehatan kesabaran dalam menghadapi musibah ini. “Ungkapnya.”

Leave a Reply