Berdayakan UMKM di Kabupaten, BAZNAS Kalsel Luncurkan Program Z-Mart dan Gerobak Berkah

KALSEL.BAZNAS.GO.ID, TANJUNG – Melalui peluncuran dan pelatihan program Z-Mart dan Program Gerobak Berkah, BAZNAS Kalsel harapkan dapat berdayakan UMKM yang ada di masing-masing Kabupaten. Senin (8/11/2021).

Peluncuran dan pelatihan program Z-Mart dan Program Gerobak Berkah ini dilaksanakan di Wisma Tamu Bersinar, Tabalong. Dihadiri oleh Ketua BAZNAS Kalsel, H Irhamsyah Safari, peluncuran dan pelatihan juga diikuti BAZNAS Tabalong, BAZNAS HST, BAZNAS HSU dan BAZNAS HSS.

Peluncuran program ini juga disaksikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, H Yuhani yang mewakili Bupati Tabalong, Ketua MUI Tabalong dan beberapa SKPD. Peluncuran program ini ditandai dengan penandatanganan kerjasama dan penyerahan secara simbolis kepada penerima manfaat program Z-Mart dan program Gerobak Berkah.

Dalam sambutannya, H Irhamsyah Safari mengatakan bahwa peluncuran dua program ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para penerima manfaat, sehingga dapat mensejahterakan para penerima manfaat.

“Mudah-mudahan, dengan adanya pelatihan dua program ini, para penerima manfaat bisa memaksimalkan bantuan yang dititipkan oleh muzakki. Sehingga, nantinya para penerima manfaat bisa mengembangkan usahanya dan bisa menjadi pemberi zakat,” ujarnya.

Selain itu, H Mardani, Ketua Baznas Tabalong, mengatakan dalam program Z-Mart dan Gerobak Berkah Baznas Kalsel, 10 warga Tabalong menjadi penerima manfaat.

“Kita prioritaskan tahap pertama penerima manfaat berada di sekitar kota Tanjung, Murung Pudak dan Tanta. Karena ini masih tahap percontohan dan kita ingin ini benar-benar bisa berhasil,” ujarnya.

Oleh karena itu, jika dari program ini mendapatkan hasil yang kita harapkan, maka Baznas Tabalong akan melanjutkan program Zmart dan Gerobak Berkah secara mandiri.

“Mudah-mudahan ini bisa menambah pendapatan mereka,” tambahnya.

Ia menambahkan, implementasi program ini akan langsung diterapkan ke lapangan setelah seluruh penerima manfaat menyelesaikan pembinaan yang langsung dilakukan oleh Baznas Kalsel.

Acara peluncuran disambung dengan materi pelatihan kepada para penerima manfaat yang menghadirkan berbagai narasumber yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing. Sehingga, para peserta pelatihan dapat menyerap dan menyimak dengan baik ilmu yang diajarkan oleh masing-masing narasumber.

Semoga dengan adanya peluncuran program Zmart dan Gerobak Berkah ini dapat membantu mengembangkan dan memberdayakan UMKM yang ada di Kalimantan Selatan, sehingga para penerima manfaat juga bisa bersaing secara global dan usahanya bisa memberi manfaat yang luas kepada masyarakat.

Leave a Reply