Dalam Rangka Hari Jadi Ke-71 HSS, BAZNAS HSS Luncurkan Program Selamat

KALSEL.BAZNAS.GO.ID, KANDANGAN – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-71 Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Hulu Sungai Selatan meluncurkan program pendistribusian dan pendayagunaan ZIS-DSKL bidang kesehatan tahun 2021 di Aula Kecamatan Kandangan. Selasa (9/11/2021).

Program SELAMAT (Sunatan Sehat, Lahir Sehat dan Bayi Sehat Melalui Zakat) yang diluncurkan oleh BAZNAS HSS ini mendapat tanggapan positif dari Ketua BAZNAS Kalimantan Selatan, Drs Irhamsyah Safari.

“Kami terus terang merasa bangga terhadap pengelolaan dan gerakan zakat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang tumbuh begitu semangat serta antusias. Sehingga, mendapatkan tempat dihati masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan program-program yang inovatif. Seperti hari ini kita akan melihat pelaksanaan mulai dari sunatan massal kemudian program lahir sehat dan bayi sehat itu tidak lain adalah upaya kita menyiapkan generasi akan datang yang berkualitas terutama di bidang kesehatan,” ujarnya.

Akhmad Suriani, Ketua Baznas HSS, menyampaikan bahwa tujuan dari rencana tersebut, yaitu membantu keluarga miskin untuk membiayai khitanan anaknya, serta membantu dan melayani kesehatan ibu hamil dan balita yang mengalami keterlambatan tumbuh kembang.

Ada 2 orang peserta khitanan yang diambil dari setiap desa dan total seluruh peserta berjumlah 296 orang. Peserta pendampingan ibu hamil dan pelayanan kesehatan berjumlah 36 orang dari HSS. Dan peserta yang diberikan bimbingan dan pelayanan kesehatan untuk anak balita dengan keterlambatan tumbuh kembang berjumlah 37 anak. 

Suriani juga menjelaskan bahwa program ini akan dibagi dalam tiga zona se Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Zona 1 pada tanggal 9 November 2021 terletak di Kecamatan Kandangan, Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Simpur dan Kecamatan Kalumpang. Zona 2 pada tanggal 11 November 2021 terletak di Kecamatan Padang Batung, Kecamatan Telaga Langsat dan Kecamatan Loksado. Pada 16 November 2021, zona ketiga berlokasi di Kecamatan Angkinang, Kecamatan Daha Barat, Daha Selatan dan Daha Utara.

Sementara itu, Ketua TP PKK HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry juga berharap agar program pendistribusian dan pendayagunaan ZIS-DSKL Bidang Kesehatan pada tahun 2021 ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat Kab. HSS. 

“Melalui kegiatan hari ini, semoga bisa menjadi sinergi bersama. Oleh karena itu, melalui kepedulian kita, kita berharap dapat program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk mencapai masyarakat yang sejahtera di masa depan,” harapnya.

Leave a Reply