DISTRIBUSIKAN MESIN TUMBUK PURUN, BAZNAS KALSEL BERKOMITMEN TINGKATKAN PRODUKSI KELOMPOK PENGRAJIN PURUN BAROKAH

BAZNAS Kalsel berikan pendampingan kepada para penerima manfaat Program BANZAS Kreatif, mereka tergabung dalam Kelompok Pengrajin Purun Berokah yang ada di Anjir Pasar Kota, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Kamis, (17/03/2022).

Pada tahun 2021 BAZNAS Kalsel berikan tambahan modal dan pelatihan untuk managemen pengelolaan usaha kreatif yang mereka geluti, dalam kesempatan ini BAZNAS Kalsel juga mendistribusikan mesin tumbuk purun agar dapat mempermudah mereka dalam memproduksi anyaman purun. Sebelumnya mereka dalam memproduksi anyaman purun menggunakan alat tradisional sehingga dalam proses pembuatannya memakan waktu cukup lama.

Ibu Naimah salah satu peserta Kelompok Pengrajin Purun Barokah sangat antusias saat mencoba mesin baru ini, “menurutnya para peserta program sangat terbantu dengan adanya mesin pengolahan ini, sehingga untuk produksi dibulan Ramadhan tidak ada kendala karena bisa dikerjakan dengan cepat.” Ujarnya.”

Dalam sehari-hari mereka menganyam rumput purun menjadi berbagai kerajinan seperti topi, tas dan bakul. Ini menjadi perhatian khusus BAZNAS Kalsel dalam membantu mereka untuk meningkatkan usaha kreatif ini agar bisa semakin berkembang. Dengan adanya pendampingan dan pelatihan yang diberikan sangat bermanfaat bagi kelompok ini untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam menjalankan usaha kreatif yang sudah berjalan lama.

Leave a Reply