Gubernur Apresiasi BAZNAS Kalsel Luncurkan Program Beasiswa Bersama 5 Mitra Perguruan Tinggi

KALSEL.BAZNAS.GO.ID, BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan mengapresiasi langkah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Selatan bersama lima mitra perguruan tinggi meluncurkan program beasiswa kepada mahasiswa/i yang tergolong ke dalam keluarga tidak mampu. Senin (1/11/2021).

Bertempat di Aula H Maksid, Kantor Setda Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru. Peluncuran program beasiswa BAZNAS Kalsel dihadiri oleh seluruh pimpinan BAZNAS Kalsel, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan seluruh rektor perguruan tinggi yang bermitra dengan BAZNAS Kalsel.

Program beasiswa BAZNAS Kalsel bertujuan memberikan bantuan pendidikan kepada mahasiswa yang kurang mampu dan berkuliah di ULM Banjarmasin, UIN Antasari Banjarmasin, Politeknik Banjarmasin, IAI Darussalam dan UNISKA MAB Banjarmasin. Bantuan yang diberikan tidak hanya bantuan secara tunai. Namun, juga bantuan pengembangan diri sampai bantuan untuk penelitian. 

Gubernur Kalimantan Selatan dalam sambutannya yang diwakili oleh Ir. Faturrahman selaku Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan mengatakan bahwa pemerintah provinsi menyambut baik langkah BAZNAS Kalsel dalam meluncurkan program beasiswa ini.

“Banyak anak-anak yang setelah lulus di sekolah tingkat atas tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi karena keterbatasan ekonomi, padahal secara akademik dan prestasi anak-anak tersebut patut dibanggakan. Oleh karena itu, pemerintah provinsi sangat menyambut baik dan mengapresiasi langkah BAZNAS Kalsel dalam meluncurkan program beasiswa ini untuk para pemuda/i di Kalimantan Selatan, harapannya BAZNAS Kalsel bisa mendampingi sampai mereka mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan mereka,” sambutnya.

Senada dengan itu, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan, Dr. H. Muhammad Tambrin mengatakan bahwa mahasiswa sebagai generasi penerus harusnya bisa mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi 

Syifa, salah satu penerima manfaat program beasiswa BAZNAS Kalsel mengatakan bahwa ia sangat beruntung sekali dapat terpilih sebagai penerima beasiswa ini, bantuan beasiswa ini bisa membantunya untuk melanjutkan perkuliahannya.

“Setelah seleksi yang lumayan ketat, mulai dari wawancara sampai presentasi program community development yang akan dilakukan setelah terpilih menjadi penerima beasiswa. Alhamdulillah saya terpilih menerima beasiswa ini,” ujarnya.

Dengan adanya program ini, semoga banyak mahasiswa/i yang tergolong dalam keluarga yang kurang mampu tidak lagi putus sekolah karena keterbatasan ekonomi, mereka dapat mengembangkan pengetahuannya untuk kemajuan banua. Acara diakhiri dengan penandatanganan nota kesepahaman antara lima mitra perguruan tinggi dengan BAZNAS Kalsel dan berfoto bersama.

Leave a Reply