Ketua BAZNAS RI Himbau BAZNAS Se-Kalsel Optimalisasi Zakat di Kalsel

KALSEL.BAZNAS.GO.ID, BANJARMASIN – Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. H. Noor Ahmad, M.A. menghimbau BAZNAS Se-Kalimantan Selatan dapat mengoptimalisasikan pengumpulan zakat di Kalimantan Selatan dalam pidato sambutannya pada acara Rapat Koordinasi Daerah Zakat (RAKORDA Zakat) di Aula Mahakam, Hotel Aria Barito, Banjarmasin. Selasa (22/6/2021).

Noor Ahmad mengatakan bahwa potensi zakat yang ada di Indonesia sendiri itu sangatlah besar karena penduduk Indonesia 80 persen beragama Islam, apalagi di Kalimantan Selatan sendiri, penduduk yang beragama Islam mencapai 97 persen. “Kita bisa bayangkan, begitu besarnya dana yang bisa kita kumpulkan dari orang-orang yang membayar zakat. Potensi ini luar biasa harus kita optimalkan,” ujarnya.

Namun dari penduduk Indonesia yang berjumlah 273 juta jiwa dan diperkirakan ada 232 juta jiwa yang beragama Islam, hanya ada 5 juta jiwa yang berzakat melalui BAZNAS. “Mungkin mereka masih perlu banyak informasi, saya yakin masyarakat Indonesia ini dermawan, tapi mereka hanya belum tahu caranya mau berzakat di BAZNAS,” tambahnya.

Di akhir pidatonya, Noor Ahmad menghimbau BAZNAS Se-Kalimantan Selatan untuk mempersiapkan lembaganya karena beberapa waktu yang akan datang, jika telah disetujui oleh Presiden, seluruh ASN akan dihimbau untuk menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS di masing-masing daerahnya. “Kita harus mempersiapkan diri agar nantinya saat kebijakan ini sudah disetujui oleh pusat. Maka, kita sebagai lembaga pemerintah non-struktural yang diamanahi undang-undang untuk mengelola zakat, harus sudah siap mengelola dan mendayagunakan zakat yang masuk dari ASN,” pungkasnya lagi.

Leave a Reply