OPTIMALISASI ZIS PERGURUAN TINGGI, BAZNAS KALSEL UNDANG SELURUH PIMPINAN KAMPUS SE KALIMANTAN SELATAN

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XI, Rektor Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Rektor Universitas Lambung Mangkurat, dan pula dihadiri oleh 45 peserta meliputi dari perwakilan civitas akademika se Provinsi Kalimantan Selatan, perwakilan BAZNAS Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan. Agenda ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting serta live streaming YouTube BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan dilaksanakan pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WITA ini diawali dengan sambutan Ketua BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan, Drs. H. Irhamsyah Safari dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini mengajak seluruh civitas akademika untuk mengoptimalkan dan mempercepat pembentukan UPZ pada setiap kampus. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung pada, Rabu (08/06/2022).

Agenda pengoptimalisasian ZIS yang dihadiri oleh Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si,. M.Sc mengatakan bahwa BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan harus mampu mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dalam aspek pengumpulan dan penyaluran sehingga masyarakat yang melakukan ZIS tidak ragu dan yakin bahwa BAZNAS adalah wadah yang tepat. Selaras dengan pernyataan Rektor ULM, Rektor UIN Antasari Banjarmasin mengatakan bahwa tantangan BAZNAS dalam memberikan kepercayaan masyarakat dalam melakukan penghimpunan ZIS.

Sesi pertama diisi materi tentang oleh Wakil Ketua III BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan, Drs. H. Ahmad Rafi’ie, MM. Dalam pemaparannya Ia mengatakan mengenai overview zakat nasional dan potensi zakat terkhusus pada ruang lingkup perguruan tinggi beserta pengelolaan ZIS.

Sementara itu pada sesi kedua, materi tentang Optimalisasi ZIS dilingkungan kampus diisi oleh Kepala Bidang pengumpulan UPZ dan Korporasi BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan, Saddam Nurhidayat, S.HI menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran landasan hukum mengenai tata kelola UPZ pada perguruan tinggi.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan seluruh BAZNAS Provinsi Kalsel mampu mengoptimalkan potensi zakat yg ada sehingga semakin menguatkan manfaat zakat untuk kemaslahatan umat terutama mendukung tri dharma perguruan tinggi pada kampus-kampus,” tutupnya.

Leave a Reply