Pelantikan Pimpinan Baznas Kalsel 2021-2026 oleh Pejabat Pemprov

Pengurus Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Kalimantan Selatan berganti dan siap mengemban amanah untuk mengelola ZIS (Zakat, Infaq, dan Sedekah).

Senin (14/04/2021), pimpinan baru Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kalimantan Selatan (Kalsel) periode 2021-2026 dilantik oleh Pj Gubernur Kalsel yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel, Adi Santoso, di Aula Aberani Sulaiman Setdaprov Kalsel, Banjarbaru.

Kelima pimpinan baru itu, yakni posisi Ketua Baznas Kalsel dijabat Drs. H. Irhamsyah Safari, Wakil Ketua 1, H. M. Syarbani Haira, M.Si., Wakil Ketua 2, Drs. H. Gurdani Syukur, M. Fil., Wakil Ketua 3, Drs. H. Ahmad Rafi’ie, M.M., Wakil Ketua 4, Drs. H. Mawardy Hatta, M.Ag.

Sambutan Pj Gubernur Kalsel yang dibacakan oleh Adi Santoso mengatakan, potensi zakat di seluruh Indonesia pada 2019 diperkirakan mencapai Rp 233,6 triliun. 

Sedangkan Kalsel dengan Muzakki lebih dari 90 persen, maka potensi zakat fitrah saja diperkirakan mencapai Rp 120 miliar. Jika, diasumsikan dengan jumlah penduduk muslim 4 juta orang dengan nilai zakat fitrah Rp 30 ribu per orang. 

“Potensi zakat harta tentu lebih besar lagi, jika Baznas bisa menggali potensi zakat harta secara maksimal,” jelasnya.

Ia  juga mengapresiasi pimpinan Baznas Kalsel periode 2015-2020 yang atas kinerja dan dedikasinya penerimaan zakat selalu meningkat setiap tahun. Mulai tahun 2016 berhasil mengumpulkan Rp 1,1 miliar, dan di 2020 naik hingga Rp 9,6 miliar.

“Semoga, capaian ini dapat diteruskan dan ditingkatkan lagi oleh kepengurusan berikutnya,” tambah Adi.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Kalsel, Mustajab, berharap, dengan adanya Ketua dan Wakil Ketua Baznas yang baru dilantik ini dapat meningkatkan prestasi dan kinerjanya dalam mengelola zakat dari masyarakat.

“Tentunya, potensi zakat agar dapat dikelola dengan baik dan prestasi yang sudah dicapai menjadi motivasi bagi kepengurusan berikutnya,” ucap dia.

Dalam pelantikan juga turut hadir Ketua Baznas Kalsel periode 2015-2020 HG (P) Rusdi Effendi AR yang menerima penghargaan dari Pemprov Kalsel atas capaian kinerja selama ini.

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Pimpinan Baznas Kalsel 2021-2026 Dilantik Pejabat Pemprov di Banjarbaru, https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/04/12/pimpinan-baznas-kalsel-2021-2026-dilantik-pejabat-pemprov-di-banjarbaru.
Penulis: Milna Sari
Editor: Alpri Widianjono

Leave a Reply