Rancang Program Zakat Tahun 2022, BAZNAS Kalsel Laksanakan FGD

KALSEL.BAZNAS.GO.ID, BANJARBARU – Perancangan Program Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Selatan untuk pengumpulan dan penyaluran dana zakat di Provinsi Kalimantan Selatan. BAZNAS Kalsel laksanakan Forum Discussion Group (FGD) bersama pemangku kepentingan lainnya. Rabu (10/11/2021).

Acara dihadiri oleh Ketua MUI Kalimantan Selatan, KH. Husin Nafarin, Pimpinan BAZNAS Kalsel, Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Ir. Faturrahman selaku Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM dan seluruh SKPD Provinsi Kalimantan Selatan yang bertempat di Grand Dafam Q Hotel, Banjarbaru.

Dalam paparan Ir Faturrahman menyampaikan bahwa saat ini angka kemiskinan Provinsi Kalsel berada di angka terendah pada regional Kalimantan. Tapi, kita tetap harus meningkatkan pengumpulan zakat dan memaksimalkan pemberdayaan dana zakat.

“Menurut catatan BPS, angka kemiskinan Kalsel mencapai 206,92 ribu. Walaupun kita berada di urutan bawah dari Provinsi lainnya yang ada di Kalimantan. Kita tetap harus berusaha untuk menurunkan angka kemiskinan ini, kami berharap BAZNAS Kalsel dapat meningkatkan pengumpulan zakat melalui website maupun media sosial. Sehingga, dana zakat ini dapat memberdayakan perekonomian masyarakat Kalsel dan bisa menurunkan angka kemiskinan ini,” paparnya.

Gubernur Kalimantan Selatan juga berharap BAZNAS Kalsel dapat memberdayakan dana zakat melalui program-program UMKM, sehingga kita bisa melahirkan pengusaha-pengusaha baru.

“Untuk mengurangi angka kemiskinan ini, BAZNAS Kalsel harapan kami bisa memberikan ‘kail’ kepada para penerima manfaat melalui program-program yang melahirkan UMKM dan mendorong ekonomi kreatif dan kearifan lokal. Sehingga, para penerima zakat dapat menjadi pemberi zakat dari bantuan yang diberikan BAZNAS Kalsel,” tambahnya.

Diskusi berjalan dengan lancar, banyak masukan dan saran dari para stakeholder yang hadir untuk Program Zakat BAZNAS Kalsel Tahun 2022. Dengan adanya FGD ini, Program Zakat BAZNAS Kalsel Tahun 2022 bisa tepat sasaran, mengurangi kemiskinan dan selaras dengan program Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Leave a Reply