Sekda Kalsel Siap Dukung Optimalisasi Zakat di Kalsel

KALSEL.BAZNAS.GO.ID, BANJARBARU – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan siap mendukung BAZNAS Kalsel dalam mengoptimalisasi pengumpulan zakat di Kalimantan Selatan. Jumat (11/06/2021).

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Aula Rapat Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Sekda Provinsi Kalimantan Selatan, Ir. Roy Rizali Anwar, ST., MT. menyambut silaturahmi Ketua BAZNAS Kalsel bersama pimpinan BAZNAS Kalsel yang lain. Drs. H. Irhamsyah Safari, Ketua BAZNAS Kalsel mengatakan silaturahmi ini dilakukan untuk melaporkan keadaan dan situasi BAZNAS Kalsel dan pengumpulan Zakat, Infaq dan Sedekah yang sudah dilakukan BAZNAS Kalsel dalam beberapa waktu yang lalu. 

“Silaturahmi ini adalah pertemuan kami yang pertama kali dengan Sekda Provinsi Kalsel sejak kami dilantik awal April yang lalu. Kami juga melaporkan situasi BAZNAS Kalsel saat ini dan dana ZIS yang telah terhimpun sejak kami menjabat, termasuk dana ZIS yang terhimpun saat program Ramadhan kemarin,” ujarnya. 

Irhamsyah juga mendiskusikan Instruksi Gubernur Kalsel Nomor 0867 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan Optimalisasi Pengumpulan ZIS di Lingkungan Pemprov. Kalsel, Instansi Vertikal, BUMN, dan BUMD di wilayah Kalsel dengan Sekda Prov Kalsel. Beliau berharap Sekda Prov Kalsel dapat membantu mensosialisasikan instruksi tersebut kepada jajarannya agar optimalisasi pengumpulan ZIS di Kalsel dapat berjalan dengan baik dan kalau bisa Instruksi Gubernur ini bisa ditingkatkan menjadi Peraturan Daerah agar nilai indeks zakat di Kalsel dapat meningkat. 

Sepihak dengan Ketua BAZNAS Kalsel, Roy siap mendukung sepenuhnya BAZNAS Kalsel dalam mengoptimalisasi pengumpulan ZIS. Perihal perubahan Instruksi Gubernur menjadi Peraturan Daerah, pihaknya akan segera mendiskusikannya dengan DPRD Provinsi Kalsel. 

“Kami siap membantu dan memberikan dukungan untuk BAZNAS Kalsel dalam optimalisasi ZIS di Kalsel. Untuk peningkatan Ingub menjadi Perda, kami akan segera menindaklanjuti dan membahas ini dengan DPRD karena Perda harus diketok dulu oleh DPRD,” ujar Roy. 

Dalam pertemuan tersebut, Irhamsyah juga melaporkan adanya kegiatan Rakorda Baznas Kalsel Tahun 2021 pada akhir bulan Juni yang akan datang. Pihaknya juga berharap Sekda Provinsi Kalsel dapat berhadir dan membantu mensosialisasikan pembentukan UPZ dan optimalisasi zakat kepada peserta Rakorda yang akan dihadiri oleh Seluruh Pimpinan BAZNAS Kabupaten/Kota, Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Selatan.

Leave a Reply