TINGKATKAN PENGELOLAAN ZAKAT, BAZNAS KALSEL ADAKAN RAPAT KOORDINASI UPZ PERGURUAN TINGGI

Selasa, (31/05/2022), BAZNAS Kalsel melaksanakan Rapat Koordinasi Penguatan Pengelolaan UPZ Perguruan Tinggi di Kalimantan Selatan. Kegiatan ini merupakan pertemuan pertama secara offline atau tatap muka setelah 2 tahun tidak bisa melaksanakan kegiatan secara langsung akibat pandemi covid-19. Sebanyak sebelas perguruan tinggi yang terbentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) berhadir dalam rapat koordinasi ini, mereka diberikan kesempatan untuk menyampaikan perihal bagaimana menjalankan tugas dan fungsi sebagai UPZ yang dibentuk oleh BAZNAS Kalsel dalam menglola, mengumpulkan, mendistribusikan dan melaporkan dana zakat,infak dan sedekah yang dikumpulkan.

“BAZNAS Kalsel semakin dituntut untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi perencanaan, koordinasi kemudian pelaksanaan dan pengendalian pelaporan sekaligus pertanggungjawaban atas pengelolaan zakat berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014.” Ungkap Ketua BAZNAS Kalsel H. Irhamsyah Safari.

Ia juga menambahkan UPZ selaku bagian dari BAZNAS Kalsel juga memiliki tugas dan fungsi yang sama yaitu pengelolaan, pengumpulan, pendistribusian dan pelaporan ZIS. Rapat koordinasi ini diharapkan UPZ dan BAZNAS Kalsel menjadi leading sektor dalam mensyiarkan dan mengajak masyarakat untuk menunaikan zakat melalui lembaga resmi dan menjadi lembaga sesuai dengan visi misi BAZNAS Kalsel yaitu menjadi Lembaga Utama Menyejahterkan Umat. Ucapnya.

Rapat koordinasi ini menjadi wadah bagi pengurus UPZ mencari solusi untuk memecahkan masalah dalam pelaksanaan tugas dan fungsi UPZ serta dapat meningkatkan pengumpulan ZIS melalui UPZ dilingkungan perguruan tinggi sehingga angka kemiskinan di Kalimantan Selatan dapat teratasi.

Leave a Reply