UPZ Kanwil Kemenag Kalsel Berikan Beasiswa Pendidikan

KALSEL.BAZNAS.GO.ID, BANJARMASIN – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan memberikan beasiswa pendidikan kepada 90 anak penerima manfaat dari tingkat TK/PAUD sampai Perguruan Tinggi. Kamis (23/07).

UPZ Kanwil Kemenag Kalsel sebagai pengumpul zakat yang rajin dalam menyerahkan zakat pegawainya kepada BAZNAS Kalsel setiap bulan. Sebagai bentuk kerjasama tahunan, BAZNAS Kalsel dan UPZ Kanwil Kemenag Kalsel selalu memberikan beasiswa pendidikan kepada para mustahik yang ada di wilayah UPZ Kanwil Kemenag Kalsel.

Tahun ini, total beasiswa pendidikan tahun ini adalah 83,6 juta dan akan diserahkan kepada 90 anak yang terdiri dari, 5 anak dari tingkat TK/PAUD, 34 anak dari tingkat SD, 22 anak dari tingkat MTs/SMP, 20 anak dari tingkat MA/SMA dan 9 anak dari Perguruan Tinggi.

Penyerahan beasiswa pendidikan dilaksanakan secara simbolis di Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan, dihadiri langsung oleh Seluruh Pimpinan BAZNAS Kalsel, Kepala Kankemenag Kalsel, DWP Kemenag Kalsel dan Kepala Bidang Penais, Zakat dan Wakaf.

“Alhamdulillah, melalui instruksi di lingkungan Kanwil Kemenag Kalsel, pengumpulan zakat yang awalnya hanya 1 juta, sekarang bisa meningkat hingga 10 juta perbulan. Ini merupakan bentuk kesadaran kita dalam menunaikan zakat,” ujar Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Dr. H. Muhammad Tambrin, M.Pd.

Senada dengan itu. Ketua BAZNAS Kalsel, Drs. Irhamsyah Safari mengatakan UPZ Kanwil Kemenag Kalsel memang UPZ yang rajin setiap bulan menyerahkan zakat pegawainya ke BAZNAS Kalsel.

“Untuk saat ini UPZ yang menjadi tauladan adalah UPZ Kanwil Kemenag Kalsel, dimana pengumpulan UPZ ini selalu menyetorkan dana yang dikumpulkan secara rutin dan bekerjasama dengan BAZNAS Kalsel dalam mengentaskan kemiskinan di Kalimantan Selatan,” ujar Irhamsyah.

Irhamsyah juga berpesan semoga dengan adanya beasiswa pendidikan yang ditujukan kepada para mustahik yang ada di wilayah UPZ Kanwil Kemenag Kalsel. Masyarakat bisa lebih peduli dengan sesama dan beasiswa yang diberikan bisa digunakan sebaik mungkin.

Leave a Reply