Zakat_Reksa

Zakat reksadana ditetapkan berdasarkan kesepakatan para ulama pada Muktamar Internasional Pertama tentang zakat di Kuwait (29 Rajab 1404 H) bahwa hasil dari keuntungan investasi wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat reksadana dapat ditunaikan jika hasil keuntungan investasi sudah mencapai nisab. Nisab zakat reksadana sama nilainya dengan nisab zakat maal yaitu senilai 85 gram emas dengan tarif zakat 2,5% dan sudah mencapai satu tahun (haul).

Cara menghitung zakat reksadana pun sama dengan cara menghitung zakat maal yaitu menggunakan rumus sebagai berikut :

2,5% x Jumlah harta yang tersimpan selama 1 tahun



Untuk mempermudah muzaki dalam menunaikan zakat reksadana, BAZNAS bekerja sama dengan INVISEE dalam memberikan kemudahan dalam menunaikan zakat, infaq dan sedekah melalui reksa dana (syariah) di website BAZNAS. Layanan ini memiliki keunggulan berupa proses pembayaran yang mudah karena seluruh prosesnya dilakukan online, selain itu adanya potensi pertumbuhan investasi atas pembayaran zakat, sedekah dan infaq yang dilakukan melalui Reksa Dana serta nilai minimal pembayaran zakat, sedekah dan infaq dimulai dari Rp 100.000 Rupiah.

Produk reksa dana yang digunakan untuk berzakat sendiripun adalah reksa dana syariah, yaitu produk reksa dana yang dikelola berdasarkan atau mengacu pada prinsip-prinsip syariah di pasar modal (POJK No.19/POJK.04/2015).

Cara menunaikan zakat dan infaq dalam bentuk reksadana:

Copyright © 2021 BAZNAS Kalsel. All Rights Reserved